PEMBUATAN APLIKASI / REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRAKALKULASI HARGA

Seiring berjalannya waktu, dalam dunia bisnis yang persaingannya semakin ketat, setiap perusaahan berlomba-lomba untuk meningkatkan daya saingnya dengan perusahaan lain. Dalam hal ini khususnya bidang yang sangat berperan penting dalam meningkatkan daya saingnya adalah pada bidang pemasaran. Oleh sebab itu dibutuhkan solusi-solusi dalam menghadapi persaingan yang ada yaitu dengan memacu kinerja sales dalam mencari customer sebanyak-banyaknya. Perkembangan komputer membantu memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan guna mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat dilakukan.

Prakalkulasi harga merupakan suatu metode dalam proses perhitungan harga penawaran yang dilakukan oleh sales saat bertemu dengan customer. Mobilitas sales yang cukup tinggi merupakan salah satu alasan yang membutuhkan sebuah proses perhitungan yang dapat dilakukan dengan cepat, efisien dan juga terkontrol ataupun terkoreksi dengan baik.

Untuk menangani kinerja sales tersebut diperlukan sebuah aplikasi atau perangkat lunak dalam proses penyampaian sebuah sistem informasi yang memiliki kemampuan dalam penanganan proses perhitungan yang dilakukan dengan secepat mungkin. Kegiatan Prakalkulasi harga ini dibuat untuk sebuah perusahaan manufacture pada industri kemasan. Dan data-data yang dihitung adalah penentuan harga bahan-bahan pembuat kemasan seperti bahan Film (Alumunium Foil, Celophane atau bahan sejenis plastik), harga bahan kimia atau bahan pembantu, harga bahan-bahan tinta atau bahan pengencer tinta, dan harga tarif mesin yang digunakan pada proses percetakan suatu kemasan yang menghasilkan produk kemasan obat, makanan, minuman, dan jamu. Untuk harga bahan, komponen harga yang digunakan merupakan harga standart. Harga standart maksudnya adalah harga yang telah ditentukan oleh manajemen yang sudah ditentukan dalam kurun waktu periode tertentu. Tarif mesin pun sama yaitu berdasarkan kebijakan yang dilakukan oleh manajemen. Harga dapat selalu berubah sesuai dengan kebijakan manajemen.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis membuat suatu aplikasi dengan judul Pembuatan Aplikasi Prakalkulasi Harga Dengan Menggunakan Borland Delphi 7.0 dan Database Microsoft Access 2003 dimana aplikasi ini digunakan dalam hal perhitungan Prakalkulasi Harga yang dilakukan oleh sales kepada customer secara terkomputerisasi yang berdatabase dengan mencetak hasil perhitungannya secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: Indra Purnama | Bloggerized by Dhampire