Struktur Pasar

Nama : Indra Purnama
Kelas : 2 KA 15
NPM : 11108021
Tugas ke-5

Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.

Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli, monopolistik dan monopsoni).

Macam-macam Struktur Pasar :
Bentuk-Bentuk Pasar :

1. Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana :
- Jumlah produsen banyak.
- Volume produksi setiap produsen hanya merupakan bagian yang kecil dari
volume transaksi total di pasar.
- Produknya homogen.
- Informasi pasar sempurna.
- Mobilitas faktor produksi sempurna.

Aplikasi :
- Produsen secara indivigual tidak dapat mempengaruhi harga,
- Harga ditentukan oleh pasar,
- Produsen sebagai price maker,
- Kurva sejajar sumbu horizontal.

Dalam pasar persaingan sempurna, keputusan mengenai jumlah output perusahaan
secara individual tidak bisa mempengaruhi tingkat harga, dan untuk keputusan
mengenai penentuan harga, kurva permintaan menggambarkan secara horizontal,
oleh karena itu harga dianggap konstan, berapapun output yang dihasilkan. Dengan
demikian maka laba total akan didapat pada saat: MR = P = MC sepanjang P > AVC.

2. Pasar Monopoli

Ciri-ciri Pasar Monopoli : - Hanya ada satu penjual.
- Close Substitute Output.
- Ada halangan bagi perusahaan lain untuk memasuki.

Sebabsebab timbulnya monopoli :
- Penguasaan bahan mentah yang bersifat strategis.
- Hak patent.
- Terbatasnya pasar dibandingkan dengan skala produksi minimum.
- Adanya lisensi dari pemerintah.

Pada monopoli maka kurva permintaan = kurva MR sehingga P = AR dengan
demikian maka :
- Keseimbangan akan terjadi bila MR = MC
- Laba maksimal akan terjadi bila P > AR
- BEP kan terjadi bila P = AR - Rugi minimal akan terjadi bila P < AR

Penentuan harga output dalam pasar monopoli dalam jangka pendek.
Monopoli adalah satusatunya produsen yang ada di pasar, maka permintaan yang
dihadapi adalah permintaan pasar dengan demikian maka kurva permintaan akan
miring dari kiri atas kekanan bawah.
Produsen akan berproduksi pada tingkat output dimana keuntungan yang diperoleh
maksimum.

Karena monopolis adalah penjual tunggal, kurva yang dihadapinya adalah kurva yang
mempunyai slope yang negatif. Berarti seseorang monopolis dapat menjual outputnya
lebih banyak dengan menurunkan harga jual. Oleh sebab itu MR akan lebih kecil dari
harga produk dan kurva MR berada dibawah kurva permintaan.

3. Pasar Monopolistik

Arti dari pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.
Contoh:
produk sabun yang memiliki keunggulan misalnya untuk kecantikan, kesehatan dan lain-lain.

Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1) Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2) Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
3) Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
4) Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
5) Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

4. Pasar Oligopoli

Arti dari pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar.

Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
1) Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
2) Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak
(differentiated product), seperti air minuman aqua.
3) Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk
masuk ke dalam pasar.
4) Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang
memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar
untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut.
Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Designed by: Indra Purnama | Bloggerized by Dhampire